Cara Backup Data di Smartphone Android (Kontak, Pesan, Photo, Aplikasi, Setting, dll) Secara Online Maupun Offline


SeputarSmartphone.com – Cara Backup Data di Smartphone Android Di era yang serba maju seperti saat ini, data adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Hal tersebut karena segala hal bisa diolah dan disimpan dalam bentuk data mulai dari kontak, pesan, foto, berbagai aplikasi, dan lain sebagainya.

Pentingnya menyimpan data bahkan bisa ditunjukkan dengan bahwa seseorang yang kehilangan smartphonenya rela untuk tidak mendapatkan smartphonenya kembali asalkan data di dalam smartphone tersebut bisa dikembalikan. Oleh karena itulah alangkah pentingnya mengetahui Cara Backup Data di Smartphone Android (Kontak, Pesan, Photo, Aplikasi, Setting, dll) agar data yang selama ini anda simpan bisa aman.

Cara Backup Data di Smartphone Android

Sebenarnya saat ini telah banyak bermunculkan aplikasi untuk back up data mulai dari aplikasi online ataupun dengan cara offline. Oleh karena itulah, berikut adalah beberapa Cara Backup Data di Smartphone Android (Kontak, Pesan, Photo, Aplikasi, Setting, dll) yang harus anda ketahui. Ini adalah cara back up data di android dengan menggunakan metode online dan offline:

Cara Backup Data di Smartphone Android

  • Back Up Data Melalui Perangkat Android (Online)

Setiap vendor berbasis android saat ini tentu menawarkan kinerja berupa back up data mulai dari kontak, foto, video, dan lain sebagainya. Langkah yang harus ditempuh pun tergolong cukup mudah.

  1. Pertama, anda harus pergi ke menu setting. Kemudian masuklah pada menu personal dan BackUp and Reset.
  2. Setelah itu, lakukan centang atau checklist di bagian BackUp and Restore.
  3. Langkah yang ketiga, kembali ke menu setting, masuk ke bagian personal dan Account and Sync.
  4. Anda harus memilih akun google mana yang akan anda gunakan untuk melakukan back up data tersebut.
  5. Pilihlah data-data yang ingin anda back up.

Hal penting untuk diperhatikan ketika menggunakan cara ini adalah anda harus terkoneksi ke internet agar smartphone anda bisa terintegrasi dengan akun email anda sehingga back up data bisa dilakukan. Adapun keunggulan dari cara yang satu ini adalah anda tak perlu menginstall aplikasi dari pihak ke tiga dan tak perlu melakukan back up dengan menyalin data pada komputer.

  • Memanfaatkan aplikasi pihak ke-3 (offline)

Aplikasi pihak ketiga yang banyak dimanfaatkan untuk membackup data adalah aplikasi SuperBackup atau aplikasi serupa yang berfungsi untuk back up data. Adapun kelebihan dari aplikasi pihak ketiga adalah anda bisa memilih banyak macam data yang ingin anda back up mulai dari aplikasi, SMS, kontak, history panggilan, bookmark, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot atau Lambat

Itulah Cara Backup Data di Smartphone Android (Kontak, Pesan, Photo, Aplikasi, Setting, dll) dengan menggunakan metode online ataupun offline. Dengan begitu, anda tak perlu lagi khawatir bahwa data yang ada di smartphone anda akan hilang ataupun rusak. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Cara Backup Data di Smartphone Android (Kontak, Pesan, Photo, Aplikasi, Setting, dll) Secara Online Maupun Offline | eowyn | 4.5