Cara Memotong Video di Android

Seputarsmartphone.com – Melakukan proses editing atau sunting video langsung lewat Hp bukan lagi hal yang mustahil saat ini, seperti cara memotong video di android secara langsung. Dengan berkembang dan majunya teknologi, melakukan edit video atau lainnya tidak harus dilakukan di PC atau komputer saja saat ini. Bahkan smartphone yang merupakan alat komunikasi pun bisa dilakukan. Salah satunya yaitu teknologi android yang bukan hanya bisa memotong video tetapi juga bisa melakukan penggabungan dari video dengan mudah.

Banyak aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan edit atau pemotongan video seperti yang sudah saya sampaikan pada Aplikasi Memotong Video di Android. Beberapa aplikasi termasuk pada aplikasi video editor. Salah satunya seperti aplikasi Viva Video Editor yang juga banyak digunakan untuk melakukan proses pemotongan video.

Proses pemotongan atau penyuntingan video sendiri yaitu dengan melakukan perpendekan dari durasi video yang asli agar sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengguna. Misalnya saja memperpendek durasi dari setengah jam menjadi dua puluh hingga lima belas atau lebih pendek lagi. Beberapa bagian video yang telah terpotong biasanya bagian yang tidak penting akan otomatis terbuang atau memang harus dibuang karena tidak penting. Namun bisa juga untuk tetap menyimpan video asli untuk melakukan proses selanjutnya atau menghindari kesalahan selama proses pemotongan tersebut.

Bagaimana Cara Memotong Video di Android?

Cara Memotong Video di Android Menggunakan APK Viva Video Terlengkap

 

Adapun aplikasi yang disediakan oleh android sendiri banyak pilihannya tergantung dengan fitur yang dibutuhkan oleh pengguna. Misalnya saja jika menggunakan aplikasi Viva Video Editor yang menawarkan pemotongan video, editing, memberikan efek pada video dan menyediakan beragam jenis format pada video. Adapun langkahnya yaitu;

  1. Pastikan aplikasi Viva Video telah terpasang pada hp smartphone android. Kemudian buka aplikasi dan pilih ‘Menu Edit’ untuk memilih video yang ada pada galeri hp yang akan dipotong.
  2. Video yang dipilih kemudian akan muncul pada Timeline yang selanjutnya bisa digeser pada durasinya. Tentukan bagian yang akan dipotong, sehingga lakukan dengan jeli agar tidak ada kesalahan. Jika telah selesai dipotong selanjutnya tekan ‘Cut’ atau biasanya terdapat gambar gunting.
  3. Lalu kemudian sentuh ‘Add’ (1) dan ketuk ‘Done’. Tunggu hingga video yang dibuka di dalam ‘Mode Edit’ untuk selanjutnya.
  4. Setelah melakukan pemotongan video, pengguna juga bisa memberikan fitur lainnya seperti efek pada tema video dan juga menambahkan musik pada video sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Jika ingin menyimpan hasil video yang telah melewati proses editing ini, maka tinggal menyimpannya dengan memilih ‘Share’ lalu kemudian ‘Export to Gallery’.
  5. Biasanya, pengguna juga bisa memilih antara dua hasil dari video yang telah melewati proses editing saat akan disimpan. Pertama yaitu video normal dengan ukuran 480p dan juga video high dengan ukuran 720p. Pilih di antara kedua kualitas tersebut sesuai dengan yang akan digunakan yang tentunya akan berbeda dalam mengambil memori smartphone. Tunggu proses ‘Export’ sampai selesai. Biasanya jika memilih hasil penyimpanan video dengan kualitas High yaitu 720p, pengguna diharuskan untuk ‘Log in’ terlebih dulu.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat memutar video cara menggunakan APK Viva Video yang sudah saya upload dibawah.

Itulah cara untuk melakukan proses pemotongan atau editing video pada salah satu aplikasi di android yang bisa dilakukan. Baik memotong maupun juga menggabungkan video langsung pada smartphone tentu akan sangat praktis. Terlebih lagi, di zaman media sosial ini banyak orang yang memanfaatkan video dalam melakukan interaksi atau membagikan berbagai hal yang tentunya harus tahu cara memotong video di android secara langsung agar lebih mudah dilakukan di manapun dan kapanpun.

Facebook Comments
Cara Memotong Video di Android | eowyn | 4.5