12 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot atau Lambat


SeputarSmartphone.com, Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot – Menghadapi smartphone Android yang lelet, lemot atau bahkan kadang nge-blank itu memang sangat mengesalkan. Itulah kenapa sekarang ini banyak orang yang mencari solusi seperti cara mengatasi smartphone android yang lemot, atau mungkin mencari aplikasi yang berguna untuk mengatasi smartphone yang lelet. Sebelum masuk ke fase solusi akan smartphone android yang lelet ini, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja sebab-sebab yang menjadikan android kita lelet.

Gambar Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot atau Lambat

Penyebab Smartphone Android Menjadi Lemot/Lambat

1. Terlalu banyak Aplikasi

Terkadang kita tidak sadar bahwa jika kita menginstall aplikasi terlalu banyak, asalkan tidak berjalan di latar belakang saja, pasti android tidak lemot. Padahal nyatanya, banyak sekali aplikasi yang sepertinya tidak berjalan di background. Jadi semisal aplikasi tersebut terbangun di latar belakang, kemudian mati sendiri. Nah, aplikasi-aplikasi tersebutlah yang membuat android Anda lemot. Karena itu, sebisa mungkin minimalisir aplikasi yang tidak terlalu berguna jika memang spesifikasi android Anda tidak terlalu gahar. Ini juga bisa menjadi cara mengatasi smartphone Android yang lemot paling manjur.

2. Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang, biasanya aplikasi messenger, social media, atau bahkan permainan yang kadang memunculkan notifikasi-notifikasi mengenai game. Nah, aplikasi-aplikasi  inilah yang memakan RAM terlalu banyak sehingga ruang untuk beraktivitas di layar utama menjadi sempit (mengakibatkan smartphone lelet). Karena itu, alangkah sangat baik jika Anda pantau terus aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Jika sekiranya aplikasi tersebut tidak terlalu berguna, alangkah sangat baik jika Anda uninstall aplikasi tersebut sebagai cara mengatasi smartphone Android yang lemot.

3. Koneksi Internet Lemot

Terkadang kita pernah mengalami android yang lelet sekali saat browsing menggunakan internet, atau mungkin saat bermain game online. Koneksi internet ternyata juga berperan dalam membuat android lancar ataupun lemot sekalipun. Koneksi yang lambat membuat game atau aplikasi yang membutuhkan internet berjalan dengan sangat lambat (loading lama) sehingga membuat smartphone terlalu cepat panas mencari sinyal internet dan akhirnya membuat android menjadi lelet.

4. Memori yang Terlalu Penuh

Memori internal yang terlalu penuh juga dapat menyebabkan android Anda cepat panas, lemot dan bahkan membuat android cepat rusak. Kenapa demikian? Karena ketika memori penuh dan Anda membuka banyak aplikasi yang meninggalkan cache, maka memori sudah tidak bisa menampungnya lagi. Karena itu, hapuslah pantau terus memori smartphone Anda sebagai cara mengatasi smartphone Android yang lemot.

5. File Sampah Menumpuk

File temporer adalah salahsatu file sampah merupakan file-file yang dipergunakan oleh sistem Android selama kita menggunakannya. File-file tersebut meliputi file-file user, file-file yang sudah dihapus namun masih menumpuk di memori serta file-file setting dan semacamnya. Semakin lama kita menggunakan sebuah sistem operasi maka file-file tersebut akan semakin menumpuk dan smartphone Android kita semakin lelet.

Solusinya gunakanlah aplikasi pembersih sistem semisal CCleaner yang dapat membersihkan file-file temporary sehingga sistem dapat berjalan lebih ringan dan cepat.

6. Pesan Singkat Menumpuk

Terkadang saya sendiri juga mengalami hal ini, dimana pesan singkat (SMS) dan pesan-pesan multimedia yang menyertakan lampiran menumpuk setelah tanpa sadar dibiarkan dalam waktu lama. Memang sepele, dan karena itu terkadang kita lupa untuk menghapusnya dan tersadar ketika jumlahnya telah mencapai ribuan. Dampaknya, sedikit banyak tentu berpengaruh terhadap sistem Android kita.

Solusinya pasti kalian sudah pada tahu, hapus semua pesan singkat yang dianggap sudah tidak diperlukan (kadang kita memerlukan sebagai arsip). Untuk mempermudah, gunakan meneger pesan singkat yang banyak tersedia gi Google Play.

7. File Cache Menumpuk

File cache merupakan file temporer yang digunakan oleh sebuah aplikasi selama aplikasi tersebut bekerja. File cache bisa diibaratkan rekaman jejak seorang pengguna dalam menggunakan sebuah program. File ini menyimpan data seperti aktifitas terakhir, dan tindakan apa saja yang dilakukan termasuk melakukan backup otomatis. Contohnya pada browser, kita dapat mengetahui history serta preferensi situs yang dikunjungi dari file cache, pengguna expert dapat memanfaatkan file cache untuk melakukan tindakan mata-mata dengan tujuan tertentu. File cache yang menumpuk berperan dalam kinerja smartphone Android kita, dimana semakin menumpuk maka kinerja smartphone semakin berat.

Solusi seperti pada poin sebelumnya, kita dapat menyapu file cache menggunakan CCleaner atau program pembersih semacamnya dengan mudah.

8. File Sistem Log Menumpuk

Sistem log adalah rekaman mengenai aktifitas yang dialami dan dilakukan oleh sebuah sistem operasi. Biasanya file ini berbentuk file teks terbuka yang dapat dibuka oleh pengolah teks konvensional. File ini berisi catatan mengenai proses yang berlangsung dalam sebuah sistem operasi seperti menginstal dan uninstal aplikasi tertentu, pegubahan setting, sistem error bahkan sampai aktifitas yang disebabkan oleh infeksi virus. File ini dapat mencapai puluhan MB bahkan GB jika kita biarkan dalah waktu lama, tergantung seberapa banyak proses yang berjalan dalam sebuah sistem operasi.

Solusinya sama dengan poin diatas, gunakan aplikasi pembersih sistem untuk membersihkan file event log dengan mudah.

9. Tema Tidak Sesuai

Kalian suka mengganti tema? Memang tidak ada salahnya, namun terkadang ada beberapa tema yang memerlukan resource memori yang besar. Biasanya tema yang meiliki screensaver serta wallpaper yang ‘hidup’ memakan lebih banyak resource RAM serta aktifitas CPU meningkat. Termasuk penggunaan font pada tem yang tidak sesuai malah menyebabkab smartphone Android kita menjadi lelet.

Solusinya gunakanlah tema yang simpel namun stylish sehingga smartphone Android kita dapat berjalan ‘kencang’. Namun jika kalian adalah penyuka theme yang ‘nyeleneh’ maka pilihlah tema yang sekiranya tidak memberatkan dengan cara membandingkannya satu sama lain.

10. Penggunaan Berlebihan

Ini adalah penyebab paling buruk yang mengakibatkan performa smartphone Android kita menjadi lelet bahkan lebih buruk lagi. Penggunaan berlebihan disini maksudnya penggunaan diluar pengetahuan kita dan diluar kemampuan smartphone itu sendiri. Misalnya jika kita senang melakukan tweaking maupun overclocking, sebaiknya lakukan dengan batasan. Atau jika kita belum memiliki pengetahuan yang cukup sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan karena hal-hal semacam itu memerlukan keahlian expert. Terkecuali kita sudah mengetahui sejauh mana kemungkinan terburuk dan siap dengan konsekuensinya, karena sang ahli di bidang tweaking dan overclocking juga pasti pernah mengalami trial dan error.

Saran saya gunakanlah smartphone Android kalian dengan bijak, dalam artian setidaknya kita tahu dengan tindakan yang kita ambil. Jika kita belum mengetahui mengenai seluk-beluk teknis maka sebaiknya kita tidak melakukan  hal-hal yang dapat mengakibatkan malfungsi.

11. Perawatan Buruk

Salah perawatan juga merupakan faktor penyebab smartphone Android kita menjadi lelet, bahkan hal tersebut dapat memperpendek umur / masa pakai smartphone. Perawatan buruk tak selamanya kita sadari, seperti penggunaan smartphone Android sampai menguras baterai dan tidak segera dicharge. Jika kita tidak memiliki powerbank, sebaiknya kita tidak menggunakan smartphone sampai daya baterainya benar-benar habis, karena hal tersebut dapat memperpendek masa pakai baterai dengan cepat.

12. Smartphone jarang di-restart

Dengan melakukan restart, kinerja smartphone dapat kembali normal. Atau Anda dapat melakukan restart setelah mempraktikan beberapa hal yang telah dijelaskan sebelumnya.

Lihat juga: 10 Alasan Mengapa Smartphone iOS Lebih Baik Dari HP Android

Nah, itulah beberapa penyebab android lelet, lalu bagaimana cara mengatasi smartphone Android yang lemot? Simak caranya dibawah ini:

Cara mengatasi smartphone Android yang lemot

Cara mengatasinya adalah dengan menghindari penyebab-penyebab yang sudah disebutkan di atas. Anda juga bisa mendownload berbagai aplikasi untuk membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang sesuka hati.

Salah satu aplikasi yang ampuh adalah Greenify. Greenify adalah aplikasi yang membutuhkan Root untuk mengakses sistem dalam android Anda untuk menghentikan aplikasi latar belakang yang tidak Anda inginkan. Misalkan Anda ingin menghentikan Aplikasi Facebook, Instagram atau Whatsapp, di proses latar belakang, yang Anda harus lakukan adalah mencentang aplikasi yang Anda ingin hentikan tersebut, kemudian pilih sleep. Aplikasi tersebut tidak akan berjalan di latar belakang hingga Anda membukanya kembali. Itulah cara mengatasi smartphone android yang lemot paling ampuh.

Lihat juga: 10 Harga HP Smartphone 1 Jutaan dengan Fitur Memukau

Demikian tips seputar smartphone mengenai penyebab dan cara mengatasi Smartphone Android yang lemot atau lambat. Cara diatas dapat pembaca seputarsmartphone.com gunakan jika mendapati ciri-ciri hp Android mengalami masalah seperti ini.

Facebook Comments
12 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot atau Lambat | eowyn | 4.5